Kamis, 26 Mei 2016

Ikut UN SD 2016 Nenek Ini Lebih Semangat Daripada Anak SD Lainya


Umur renta tidak menghambat 12 nenek di Banyumas, Jawa Tengah untuk ikuti ujian kesetaraan tingkat sekolah basic (SD). Bahkan juga, sebagian salah satunya telah mencapai umur 81 th. tetapi dapat dengan telaten kerjakan masalah ujian akhir sekolah (UAS) ini. Tidak cuma itu, beberapa nenek ini dapat ditunggui cucu-cucu mereka waktu kerjakan masalah ujian.

UAS SD yang diadakan di Sanggar Aktivitas Belajar Kalibagor, Kabupaten Banyumas ini diikuti oleh 17 siswa. Tetapi uniknya, disini ada 12 nenek berumur pada 60 th. sampai 81 th. yang juga ikuti ujian. Bahkan juga mereka tampak lebih telaten dalam kerjakan masalah ujian di banding dengan yang masihlah muda.

Karsini serta Kasiwen umpamanya, walau telah berumur 81 th., malah tampak paling serius serta cermat dalam kerjakan masalah ujian mata pelajaran Pengetahuan Pengetahuan Alam (IPA). Ke-2 nenek ini dapat ditunggui cucu-cucu mereka yang sesekali mengajak bercakap neneknya yang tengah ikuti ujian itu.

Menurut Karsini, dia menyiapkan diri hadapi ujian dengan kerjakan bebrapa masalah try out serta ajukan pertanyaan pada anak cucunya. Wanita tujuh cucu ini mengakui ikuti ujian supaya dapat belajar lagi seperti waktu dia masihlah muda.

 jadi tidak memahami mata pelajaran apa, untuk semuanya susah lantaran telah lama tidak paham pelajaran. sendiri cuma persiapan kerjakan masalah latihan dibantu cucu, " tutur Karsini.

Menurut Ketua Penyelenggara Ujian di SKB Kalibagor, Sugirahayu, menyampaikan, walau termasuk umur renta, semangat nenek ini pantas ditiru. Pasalnya, ujian kesetaraan tingkat sekolah basic ini malah dapat meningkatkan anak cucu mereka untuk mengikuti semangat belajarnya. Di lokasi Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas sendiri masihlah terdapat banyak warga yang belum lulus sekolah basic.

 " Disini ada 17 orang yang ikuti ujian salah satunya yang tertua berusia 81 th.. Sekurang-kurangnya ini dapat berikan motivasi warga sekitaran supaya tak malas belajar, " tutur Sugirahayu.

Semangat beberapa nenek ini memanglah pantas ditiru. Mereka juga ikuti semuanya sistem ujian dari hari awal sampai hari paling akhir. Walau alami kendala pandangan, semangat beberapa nenek dapat jadi teladan untuk anak-anak muda supaya dapat selalu belajar sampai lanjut usia.

Baca Juga : UN SMP 2016 Kunci Jawaban Masih Bocor?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar